Tuesday, September 30, 2008

Hari Kesaktian Pancasila

Masih pada inget kan tentang penghianatan PKI yang puncaknya dikenal dengan nama G30S PKI. Yang dulu filmnya muncul tiap tahun (ga tau sekarang masih muncul apa ga tuh di TV).

Banyak versinya sii, tapi gw ga mau bahas disini karena keterbatasan pengetahuan dan takut ada penyimpangan2 dari cerita yang saya dengar. Amannya diem ajah =)

Yang pengen dibahas disini bukan G30S PKI -nya, melainkan 1 hari setelahnya, which is Hari Kesaktian Pancasila. Menuruh mbah wiki:

"Pemberontakan G30S PKI merupakan wujud usaha mengubah unsur Pancasila menjadi ideologi komunis. Hari itu, enam Jendral dan berberapa orang lainnya dibunuh sebagai upaya kudeta. Namun berkat kesadaran untuk mempertahankan Pancasila maka upaya tersebut mengalami kegagalan. Maka 30 September diperingati sebagai Hari Peringatan Gerakan 30 September dan tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila, memperingati bahwa dasar Indonesia, Pancasila, adalah sakti, tak tergantikan"

Inget2 bunyi Pancasila:
1.Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan Yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Bener2 5 kalimat yang menjadi dasar negara kita. Percaya akan Tuhan, keadilan yang ditegakan, perbedaan yang mempersatukan bangsa, demokrasi dalam masyarakat, dan keadilan bagi seluruh rakyat.

Kalo mau dibahas panjang disini mungkin bisa jadi mengulang pelajaran PPKN jaman SMP-SMA dulu. Hahaha, hanya terlintas "apa sih yang sudah saya lakukan untuk bangsa?"

TK --> subsidi, maklum TK Kartika Candra Kirana
SD --> SD Impres, subsidi jg dr pemerintah
SMP --> SMP negeri, subsidi lagi
SMA --> gratisan dr Dephan

kuliah --> kabur ke Singapore

dan sekarang gw masih di Singapore, belum sempat mengabdikan apa2 untuk Indonesia. Malu kalo ngaca.

But, i still love Indonesia!

Mari berpikir jangka panjang dan semoga kita melihat, apa yang dapat saya sumbangkan untuk negara.

Jayalah terus Indonesia-ku!

--tehijau nasionalismenya lagi tinggi

No comments: