Friday, March 7, 2008

Nyepi~lonely

Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saca 1930

putu ga Nyepi bareng keluarga lagi deh,,,hehe,,,dah hampir 7 tahun putu Nyepi jauh dari keluarga. 3 tahun hidup di asrama lembah bukit tidar dan 4 tahun disini, di Singapore.

Jaman SMA dulu sehari sebelum Nyepi kita ke Prambanan, sembahyang disana ama sekalian liat ogoh-ogoh. Oya, pada tau ga apa ogoh2?

Ogoh-ogoh itu adalah boneka raksasa yang dibuat dan diusung keliling desa sehari sebelum Nyepi. Itu maksudnya adalah perwujudan dari para Bhuta Kala di dunia ini. Kami, umat Hindu percaya akan adanya Bhuta Kala dan niscaya mereka tidak akan mengganggu jika kita juga tidak mengganggu mereka.

Perayaan Nyepi sebenernya adalah perayaan tahun baru, jadi kita menggunakan hari pertama di tahun baru untuk merenungkan perbuatan2 yang kita lakukan ditahun lalu,,,,kemudian memikirkan cara untuk memperbaikinya ditahun mendatang. Maka dari itu dibilang sebagai hari Nyepi,hari untuk menyepikan pikiran kita. Ada 4 pantangan di hari raya Nyepi:

-Amati Geni: No fire/light
-Amati Karya: No working
-Amati Lelunganan: No traveling
-Amati Lelanguan: Fasting

Tapi berhubung putu disini, di Singapore, pt cuman bisa puasa makan minum dan ga keluar rumah. heheheheeh,,,my bda my bad

yang penting kan udah ada usaha,,,hehehe,,,,terus kemaren juga sempet ke temple yang di chinatown. Ga nyangka disini jg ada sejenis OGOH-OGOH kayak di indo. tapi yang diusung itu sejenis dewa dewi kala, dan berkeliling templenya doang, hehehe,,,kemaren pt ikut2an ajah,,abis ga gt ngerti sih ama budaya Hindu-India disini.

Lumayan jd terkenang masa2 di Indo d,,,walaupun ga ada Ogoh2 beneran dan sendirian,,,,hehehehehe

--tehijau

2 comments:

nesnesnes said...

Slamat hari raya nyepi ya Put :)

Tehijau said...

@anes: Thank you yaaaaa