Tuesday, July 7, 2009

Indonesia decides

Indonesia decides!

D-day! Coba kita lihat rencana ekonomi dari masing2 kandidat (secara gw cuman ngertinya ekonomi, itu juga pas2an,huhu) XP

1. Megawati – Prabowo

Megawati (PDIP) and Prabowo (GERINDRA) mengajukan ide tentang “Kedaulatan Ekonomi, Keuangan dan Industry” dan “Memperkuat Ekonomi Kerakyatan”. Selain itu mereka juga mentargetkan angka pertumbuhan ekonomi 10% untuk 5 tahun mendatang.

Tehijau’s comment:
Saya mendukung program ekonomi kerakyatan yang diusung oleh pasangan No.1 ini. Namun program yang dipaparkan belum details dan tidak realistis. Double digits economic growth sungguh target yang terlalu optimis. Apalagi dengan situasi global financial crisis sekarang ini. Selain itu saya juga kurag setujun dengan re-schedule pembayaran utang-utang luar negeri yang diusulkan oleh pasangan ini. Penundaan pembayaran utang hanya akan menyelesaikan masalah jangka pendek bukan jangka panjang.



2. Susilo Bambang Yudhoyono – Boediono

SBY (DEMOKRAT dan koalisi) dan Boediono (independent) mengajukan pertumbuhan ekonomi minimal 7 persen dan mengurangi angka kemiskinan hingga 10 persen lewat pembangunan pertanian, perdesaan, dan program prorakyat.Selain itu memangkas angka pengangguran sampai 6 persen melalui penciptaan lapangan kerja dan peningkatan modal usaha

Tehijau’s comment:
Terus terang saya kagum dengan sikap Pak SBY yang berani mengambil langsung untuk mengusung Pak Boediono (Gubernur Bank Indonesia) sebagai calon Wa-pres beliau. Dengan segala tekanan dari berbagai pihak beliau tetap pada pendirian dan keyakinannya.
Taerget yang di usung kandidat No.2 ini menurut saya cukup riil dan rasional. Tidak neko2 dan tidak terlalu banyak teori. Namun mungkin banyak orang yang akan bertanya tanya, apa yang menjadi dasar pelaksanaan ekonomi pro-rakyat yang diusung pak SBY dan pak Boed?
(maaf saya tidak bisa menemukan visi-misi pak SBK-Boed di website resmi mereka)

3. Jusuf Kalla - Wiranto

JK (GOLKAR) dan Wiranto (HANURA) mengjukan ide tercapainya ekonomi bangsa yang mandiri, berdaya saing, dan berkeadilan demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat. Mereka mengusung kebijakan pro-pasar, yakni pasar rakyat yang mampu menggerakkan roda ekonomi riil. Selain itu mengamankan penerimaan negara dan sebisa mungkin tidak membebani rakyat sebagai wajib pajak.

Tehijau’s comment:
Program nya cukup mirip dengan No.1 dan No.2 yaitu ekonomi kerakyatan. Program yang diusung Pak JK ini terlalu sempurna menurut saya. Terlalu text book dan sangat susah diterapkan dalam ekonomi yang sebenarnya. Mungkin jika ada contoh-contoh yang lebih kongkrit akan lebih baik.


Semua program saya ambil dari website masing-masin kandidat dan beberapa sumber berita seperti kompas.com, thejakartapost.com, antara.com, dll berhubung saya susah untuk menonton berita atau debat langsung lewat televisi karena berbagai kendala.

So, Ayo ramai2 datang ke TPS masing2 buat nyoblos/nyontreng!!!!

-tehijau dah nyontreng lewat pos dunkss

No comments: